5 Bandara Berbahaya di Dunia

Diposting oleh Unknown on Minggu, 30 Juni 2013

Seberapa pun amannya pesawat, kadang-kadang kita masih suka panik, khususnya saat pesawat lepas landas dan mendarat. Padahal, kita mestinya nggak usah khawatir. Soalnya landasan di bandara sudah dirancang sedemikian rupa supaya pesawat-pesawat bisa mendarat dan parkir dengan aman. Tapi, kalau di lima bandara ini, sepertinya wajar saja deh kalau kita deg-degan. Pasalnya, landasannya agak berbahaya 

Gibraltar Airport


Bandara yang berlokasi di wilayah kecil antara Maroko dan Spanyol ini, memang bisa bikin cenat cenut penumpang pesawat.  Landasan pesawatnya memotong sebuah jalan raya paling sibuk di kawasan itu, tepatnya jalan Winston Churchill Avenue. Jadi, mobil dan motor yang lewat jalan ini sering kali mesti menunggu sampai pesawat lewat sebelum bisa melanjutkan perjalanan. Landasan ini sengaja dibuat begini karena jalan raya ini adalah satu-satunya bidang datar di kota itu. Kawasan Gibraltar dikelilingi gunung dan kota lain, 




Congonhas Airport

terletak 9 kilometer dari kota metropolitan Sao Paolo, Brazil yang penuh dengan gedung tinggi dan bangunan lainnya. Memang sih, kita nggak bakal ketinggalan pesawat karena jaraknya yang dekat banget dari kota. Tapi, kalau salah satu pesawat keluar landasan dan menabrak hotel tempat kita menginap.




Ice Runway

Ice Runway yang terletak di Antartika ini memang penuh dengan es. Saking penuh es dan sepi penerbangannya, sampai nggak ada garis atau landasan khusus buat pesawat mendarat atau lepas landas. Satu-satunya yang mengkhawatirkan adalah es di area yang digunakan sebagai landasan ini bisa pecah kapan saja. Makanya, pesawat yang bakal mendarat di sini harus benar-benar mengukur beratnya. Kalau terlalu berat, bisa-bisa es di landasan ini pecah dan menenggelamkan pesawatnya nih. 



Princess Juliana International Airport

Bandara ini terletak di Saint Marteen, seberang wilayah Laut Perancis dan merupakan wilayah jajahan Belanda. Karena pulau ini termasuk kecil, makanya semua pesawat yang mau mendarat di sini harus terbang rendah melewati pantai yang penuh dengan turis. Makanya, jangan heran kalau kita lagi bersantai di pantai ini, tiba-tiba tercium bau asap dari mesin pesawat dan suara jet yang berisik. 




Courchevel International Airport

Terletak di kawasan ski Courchevel, Perancis, bandara ini memang dikelilingi salju. Landasannya yang terbuat dari aspal sepanjang kurang lebih 2.700 kilometer, awalnya bikin bandara ini tampak normal-normal saja. Tapi, ada satu hal yang bisa cukup bikin panik. Soalnya, nggak seperti bandara pada umumnya, landasan pesawatnya memiliki satu bidang curam dengan kemiringan hampir 20 derajat. Jadi, pesawat yang mau mendarat, harus hati-hati karena landasannya menurun dan bisa tergelincir. Sedangkan pesawat yang mau lepas landas juga harus cukup kuat menanjak.







{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...