4 Tips Mudik dengan Balita atau Batita

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Agustus 2012

4 Tips Mudik dengan Balita atau Batita

Mudik yang sangat menyenangkan  bersama batita juga balita akan terasa menyenangkan jika persiapan matang tetapi jika persiapannya tidak matang akan terasa sangat tidak nyaman. Apalagi jika Anda dan keluarga melakukan perjalanan panjang, menggunakan moda transportasi pribadi atau umum.  Kali ini ada empat perlengkapan untuk anak ini tersedia saat perjalanan mudik.




Susu anak.

Kalau anak masih mendapat ASI, tak masalah. ASI lebih praktis karena Anda tidak perlu membuatkan susu sepanjang perjalanan. Perlengkapan yang perlu Anda bawa adalah celemek menyusui atau kain penutup saat menyusui agar ibu merasa lebih nyaman saat memberikan ASI di tempat umum.

Nah, kalau anak mendapat susu tambahan, yang satu ini jangan sampai tertinggal. Untuk perjalanan satu jam, sebaiknya sediakan satu botol susu siap minum dan botol susu yang belum diisi air. Begitu anak butuh, tinggal menambahkan air hangat yang sudah disiapkan dalam termos.

Sementara, kalau perjalanan memakan waktu lebih lama, siapkan susu dalam milk powder can atau susu kemasan saset. Saat dibutuhkan, tuang susu kemasan ini ke dalam botol dan tambahkan air panas.


Makanan.

Perhitungkan waktu tempuh, apakah melewati jam makan anak atau tidak. Kalau iya, siapkan makanan yang dibutuhkan. Orang dewasa bisa menahan lapar, tapi kalau anak-anak jelas tidak. Perhitungkan juga keadaan tak terduga seperti delay atau macet di jalan.

Untuk anak-anak yang sudah besar, siapkan makanan kesukaannya seperti puding, biskuit atau cokelat. Makanan kegemaran anak ini sekaligus bisa dimanfaatkan untuk mengalihkan perhatiannya saat mulai rewel.


Pakaian.

Siapkan pakaian anak yang akan digunakan selama berada di kampung halaman, masukkan semua pakaian ini ke dalam koper. Selain itu, siapkan juga satu tas kecil yang isinya baju ganti dan kebutuhan pakaian selama dalam perjalanan.

Cara ini memudahkan, supaya tidak perlu membongkar koper selama perjalanan. Bawa beberapa lembar baju ganti untuk anak, popok bila masih digunakan, tisu basah dan tisu kering, sabun cair, dan kebutuhan lainnya.




Mainan atau buku.

Perjalanan panjang saat mudik seringkali memunculkan rasa bosan, terutama pada anak. Karenanya, siapkan buku bacaan menarik atau mainan untuk mengalihkan perhatian anak saat rewel. Ada baiknya sediakan beberapa mainan baru, dengan ukuran tidak terlalu besar. Anak akan lebih antusias dan terhibur dengan mainan barunya.

Keluarkan alat hiburan anak ini satu persatu saat anak membutuhkan. Jangan langsung dikeluarkan semuanya berbarengan, karena anak akan cepat bosan.

Baca juga Tips dan Perlengkapan Saat mudik

Sumber Kompas.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...