Sejarah SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul

Diposting oleh Unknown on Minggu, 22 Juli 2012


Sejarah SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul


 
SMK Muhammadiyah 1 Playen yang terletak di jalan Wonosari-Yogya KM. 03 Siyono  Playen Gunungkidul berdiri pada tanggal 29 Juli 1982 (berdasarkan surat persetujuan Kanwil Depdikbud DIY tertanggal 22 Desember 1982). Tanggal itu selanjutnya ditetapkan sebagai tanggal resmi berdirinya SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Sekolah ini semula bernama STM Muhammadiyah Wonosari karena pada tahun 1982-1987 terletak di wonosari (komplek masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari). Pada tanggal 1988 sekolahini pindah ke lokasi baru di Siyono Wetan, Playen (lokasi sekarang)

Bersasarkan SK Mendikbud RI tentang Sekolah Menengah Kejuruan dan Surat Edaran Kanwil Depdikbud tentang Nomenklatur, maka STM Muhammadiyah Wonosari berubah menjadi SMK muhammadiyah 1 Playen (sesuai lokasinya di Playen)

Sejak tanggal 6 Maret 1997 SMK Muhammadiyah 1 Playen berstatus DISAMAKAN dan masuk kelompok Teknologi Dan Industri, Rumpun mesin Tenaga dengan Progam studi Mekanik UMUM. Pada tahun 2000 berubah kembali dan masuk Rumpun Teknik Mesin, Progam studi Mekanik Otomotif dan Mesin Pembubutan.

SMK Muhammadiyah 1 Playen berstatus Terakreditasi B berdasarkan SK Badan Akreditasi Sekolah DIY, tanggal 9 Maret 2005, dengan Progam keahlian Teknik Mekanik Otomotif, Mesin Pembentukan, Mesin perkakas  serta bidangKeahlian Elektronika, Progam Keahlian Elektronika Komunikasi.

Pada Tahun 2007 SMK Muhammadiyah 1 Playen menambah Progam Keahlian baru yaitu Teknologi Informatika.  Dengan modal tekad, kemauan dan kerja keras serta kerjasama yang erat antara Yayasn Muhammadiyah (selaku penyelenggara), masyarakat serta dukungan pemerintah, maka SMK Muhammadiyah 1 Playen setapak demi setapak maju dengan pesat seperti sekarang ini.

Sumber : Buku Profil SMK Muhammadiyah 1 Playen
Penannggung Jawab H. Daldiri As’asri, B.Sc  

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...